Home » » Forum Korban Konflik Aceh Utara Terbentuk

Forum Korban Konflik Aceh Utara Terbentuk

Written By Unknown on Saturday, April 28, 2007 | 2:42 PM

Forum Korban Konflik Aceh Utara Terbentuk

Reporter : Imran
Aceh Utara, acehkita.com. Kelompok pencari keadilan, para korban insiden Simpang KKA (Kertas Kraft Aceh) di Aceh Utara, terbentuk. Mereka menamakan dirinya dengan Kelompok Korban Aceh Utara (K2AU). “Forum ini resmi dibentuk untuk mencari keadilan,” sebut Murtala, ketua umum kelompok itu kepada acehkita.com, Sabtu (28/04).

Insiden simpang KKA terjadi pada 3 Mai 1999 lalu, saat masyarakat melakukan aksi demontrasi. Kekacauan kemudian terjadi, dan pasukan keamanan mengambil alih keadaan. Akhirnya, puluhan orang meninggal dan luka-luka akibat terkena tembakan.

Murtala mengatakan, kelompok itu resmi dibentuk seminggu lalu. Sekitar seratus korban tragedi simpang KKA hadir dalam acara pembentukan. ”Kita telah lama mendambakan keadilan atas jatuhnya korban saat tragedi di simpang KKA yang sampai saat ini belum ada proses keadilan,” sebutnya.

Katanya, pembentukan tersebut atas partisipasi masyarakat korban simpang KKA dengan inisiatif masyarakat untuk menggalang persatuan para korban insiden di Aceh Utara itu. Para korban tragedi lainnya di Aceh Utara juga bergabung dalam wadah tersebut, guna memudahkan menuntut keadilan.

Sebagai langkah awal, pada tanggal 3 Mei 2007 mendatang, kelompok ini akan mengadakan kenduri dan melakukan doa bersama untuk mengenang peristiwa berdarah di Minggu pagi kelabu delapan tahun yang silam. [adw]
Share this article :

0 komentar:

Populer

 
Support : acehbaru.com | acehbaru.tv | atjehbaru.com
Copyright © 2014. acehbaru - All Rights Reserved
Modify by acehbaru
Proudly powered by Blogger